Searching...
Tuesday 2 August 2011

Plugin Wajib untuk Eclipse IDE

01:26

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEioUhMccwdOHtGMViyOAWNisxpznxucCYaaMw3TSjKB9vXJfWaCX0O_dKD7zzcf2pFXuDh9MjeEyc3wCHt-5as_Rr43LHGQvtixcTlulxPC9MlVXFIJsK3b3nlViGVWupzGJ3UTRi48oHs/s1600/eclipse_ide.jpg


Eclipse IDE merupakan IDE untuk Java yang sampai sekarang merupakan IDE yang paling populer. Hampir kebanyakan orang saat ini menggunakan Eclipse IDE. Bahkan sekarang Eclipse IDE tidak hanya untuk Java, ada juga untuk PHP, C/C++, Scala, Python sampai Ruby.
Pada artikel ini saya akan membahas plugin-plugin yang wajib digunakan saat kita menginstall Eclipse IDE. Plugin-plugin ini hanyalah plugin-plugin yang menurut saya sangat berguna :D Dan belum tentu berguna untuk Anda :D

  1. Subversive (Subversion Eclipse Plugin)
    Subversive merupakan plugin yang digunakan untuk integrasi Eclipse dan Subversion Client. Dengan Subclipse, kita dapat menyimpan project kita di Subversion Revision Control. Jika Anda terbiasa menggunakan Subversion, maka Subversive wajib digunakan pada Eclipse IDE.
  2. EGit (Git Eclipse Plugin)
    EGit merupakan plugin yang dapat kita gunakan untuk mengintegrasikan Eclipse dengan Git. Git merpakan salah satu Distributed Revision Control yang populer, khususnya dipopulerkan oleh Github. Jika Anda terbiasa menggunakan Git, maka plugin ini wajib di install.
  3. MercurialEclipse (Mercurial Eclipse Plugin)
    MercurialEclipse merupakan plugin yang dapat kita gunakan untuk mengintegrasikan Eclipse dengan Mercurial. Mercurial merupakan Distributed Revision Control yang hampir sama dengan Git, salah satu website yang menyediakan hosting mercurial secara gratis ada Bitbucket.
  4. M2E (Maven Integration)
    M2E merupakan plugin yang digunakan jika kita menggunakan Maven sebagai project managementnya. Maven merupakan build tool, sama seperti Ant. Namun Maven lebih kompleks dan lebih besar dari Ant. Maven sangat baik jika kita membangun software yang dikerjakan oleh beberapa orang.
  5. Glassfish Integration
    Jika kita terbiasa menggunakan Glassfish sebagai Application Server, maka plugin GLassfish Integration wajib di install. Dengan plugin ini kita dapat dengan mudah mendeploy project ke Glassfish dan dapat mudah memonitoring Glassfish.
  6. JBoss Tools
    JBoss Tools merupakan kumpulan plugin yang digunakan untuk mengintegrasikan Eclipse dengan seluruh framework buatan JBoss. Jika Anda terbiasa menggunakan framework-framework buatan JBoss, maka JBoss Tool merupakan plugin yang wajib terpasang pada Eclipse IDE.
  7. SpringSource Tool Suite.
    SpringSource Tool Suite, merupakan plugin yang dapat digunakan jika kita akan membangun project berbasiskan Spring Framework. SpringSOurce Tool Suite ada yang berupa plugin yang dapat di install pada Eclipse, atau ada pula yang sudah di bundle menjadi satu dengan Eclipse nya.
  8. WindowsBuilder
    WindowsBuilder merupakan plugin yang dapat kita gunakan saat kita akan membangun aplikasi berbasis Desktop. WindowsBuilder memiliki fitur GUI Builder, sehingga kita dapat membangun aplikasi dekstop dengan cara drag and drop seperti pada NetBeans. WindowsBuilder mendukung pembuatan aplikasi berbasis Swing dan JFace. 
Sumber : http://weblog.stripbandunk.com/2011/06/04/plugin-yang-wajib-digunakan-untuk-eclipse-ide/

0 comments:

Post a Comment